Walaupun baginda adalah insan yang teramat-amat luar biasa, baginda juga contoh teladan dan idola umat islam selama-lama, segala gerak geri duduk bangun makan pakai baginda adalah wahyu, seharusnya kita mengambil tahu bagaimana cara berpakaiannya kekasih kita, walaupun baginda adalah insan yang paling kaya di jagat alam buana, cara banginda berpakaian amatlah bersedehana supaya kita mampu mengikut jejakjejaknya baginda.
“Pakaian yang paling disenangi Rasulullah saw. adalah Gamis.”(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Humaid ar
Razi, dari al Fadhal bin Musa, diriwayatkan pula oleh Abu Tamilah dan Zaid bin Habab, ketiganya menerima dari Abdul Mu’min bin Khalid, dari Abdullah bin Buraidah, yang bersumber dari Ummu Salamah r.a.)
• Ummu Salamah r.a. adalah Ummul Mu’minin Hindun binti Mughirah al Makhzumiyah.
“Sesungguhnya Nabi saw. keluar
(dari rumahnya) dengan bertelekan kepada Usamah bin Zaid. Beliau memakai
pakaian Qithri yang diselempangkan di atas bahunya, kemudian beliau
shalat bersama mereka.” (Diriwayatkan oleh `Abd bin Humaid , dari
Muhammad bin al Fardhal, dari Hammad bin Salamah, dari Habib bin as
Syahid, dari al Hasan, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.)
• Qithri adalah sejenis kain yang terbuat dari katun yang kasar. Kain ini berasal dari Bahrain tepatnya dari Qathar.
Dalam sebuah riwayat Anas bin
Malik r.a. mengemukakan: “Pakaian yang paling disenangi Rasulullah saw.
ialah kain Hibarah*.” (Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari
Mu’adz bin Hisyam dari ayahnya, dari Qatadah, yang bersumber dari Anas
bin Malik r.a.)
• Kain Hibarah ialah kain keluaran Yaman yang terbuat dari katun.
“Rasulullah saw. bersabda:
“Hendaklah kalian berpakaian putih, untuk dipakai sewaktu hidup. Dan
jadikanlah ia kain kafan kalian sewaktu kalian mati. Sebab kain putih
itu sebaik- baik pakaian bagi kalian.”
(Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa’id, dari Basyar bin al Mufadhal, dari `Utsman Ibnu Khaitsam, dari Sa’id bin Jubeir, yang bersumber dari Ibnu `Abbas r.a.)
(Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa’id, dari Basyar bin al Mufadhal, dari `Utsman Ibnu Khaitsam, dari Sa’id bin Jubeir, yang bersumber dari Ibnu `Abbas r.a.)
“Rasulullah saw. bersabda : “Pakailah pakaian putih, karena ia lebih suci dan lebih bagus. Juga kafankanlah ia pada orang yang meninggal diantara kalian.”
(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari Abdurrahman bin Mahdi, dari Sufyan, dari Habib bin Abi Tsabit, dari Maimun bin Abi Syabib yang bersumber dari Samur bin Jundub r.a.)
SERBAN RASULULLAH SAW
“Nabi saw. memasuki kota Mekkah pada waktu pembebasan kota mekkah,beliau memakai serban hitam.”(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari `Abdurrahman bin Mahdi, dari Hammad bin Salamah. Hadist inipun diriwayatkan pula oleh Mahmud bin Ghailan, dari Waki’, dari Hammad bin Salamah, dari Abi Zubair, yang bersumber dari Jabir r.a.)
“Sesungguhnya Nabi saw. berpidato da hadapan umat, beliau memakai serban hitam.”(Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan,dan diriwayatkan pula oleh Yusuf bin `Isa,keduanya menerima dari Waki’, dari Musawir al Waraq, dari Ja’far bin `Amr bin Huraits,yang bersumber dari bapaknya.)
KHUF RASULULLAH SAW
“Sesungguhnya raja *an-Najasyi menghadiahkan
sepasang khuf hitam pekat kepada Nabi saw. lalu Nabi saw. memakainya
dan kemudian ia berwudlu dengan (hanya) menyapu keduanya (yakni tidak
membasuh kaki).”(Diriwayatkan oleh Hinad bin Siri, dari Waki’, dari
Dalham bin Shalih, dari Hujair bin `Abdullah, dari putera Buraidah, yang
bersumber dari Buraidah r.a.)
• Khuf ialah sejenis kaos kaki tapi terbuat dari kulit binatang. Khuf dibuat amat tipis dan tingginya menutupi mata kaki. Khuf biasanya hanya digunakan pada musim dingin untuk mencegah agar kulit kaki tidak pecah-pecah. Biasanya, orang memakai khuf ketika musafir dimusim dingin dan masih memakai sepatu luar lagi. Sepatu ini namanya “jurmuq”. Para Ulama Indonesia sering menggunakan istilah Mujah untuk terjemahan khuf. Tapi kadangkadang diterjemahkan juga dengan “sepatu khuf”.
• An najasyi menurut literature barat umumnya disebut Negust. Negust adalah gelar raja-raja di Abesina (Habsyi), sekarang dikenal “Ethiopia”.
SANDAL RASULULLAH SAW
“Bagaimanakah sandal Rasulullah saw. itu?”
Anas menjawab : “Kedua belahnya mempunyai tali qibal*(Diriwayatkan oleh
Muhammad bin Basyar, dari Abu Daud at Thayalisi, dari Hamman yang
bersumber dari Qatadah)
• Tali qibal adalah tali sandal yang bersatu pada bagian mukanya dan terjepit di antara dua jari kaki.
“Janganlah diantara kalian berjalan dengan sandal sebelah. Hendaklah memakai keduanya.”(Diriwayatkan
oleh Ishaq bin Musa al Anshari, dari Ma’an, dari Malik, dari Abiz
Zinad, dari al A’raj yang bersumber dari Abu Hurairah r.a.)
“Sesungguhnya Nabi saw.melarang seorang laki-laki makan dengan tangan
kiri dan berjalan dengan sandal sebelah.”(Diriwayatkan oleh Ishaq bin
Musa,dari Ma’an,dari Malik,dari Abi Zubair,yang bersumber dari Jabir
r.a.)
“Sesungguhnya Nabi saw. bersabda : “Bila
salah seorang diantara kalian hendak memakai sandal hendaklah ia
memulainya dari yang sebelah kanan. Dan bila ia melepasnya, maka
hendaklah dimulai dari yang sebelah kiri. Hendaklah posisi kanan
dijadikan yang pertama kali dipasangi sandaldan yang terakhir kali
dilepas.”(Diriwayatkan oleh Qutaibah, dari Malik, dan
diriwayatkan pula oleh Ishaq bin Musa ,dari Ma’an, dari Malik, dari Abu
Zinad, dari A’raj yang bersumber dari Abu Hurairah r.a.)
CINCIN RASULULLAH SAW
“Cincin Rasulullah saw. terbuat dari perak
sedangkan permatanya dari Abessina (Habsyi)”.(Diriwayatkan oleh Qutaibah
bin Sa’id dan sebagainya, dari `Abdullah bin Wahab, dari Yunus, dari
Ibnu Syihab, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.)
“Tatkala Rasulullah saw. hendak menulis surat kepada penguasa bangsa
`Ajam (asing), kepadanya diberitahukan: “Sungguh bangsa `Ajam tidak akan
menerimanya, kecuali surat yang memakai cap. Maka Nabi saw. dibuatkan
sebuah cincin (untuk cap surat). Terbayanglah dalam benakku putihnya
cincin itu di tangan Rasulullah saw.”
(Diriwayatkan oleh Ishaq bin Manshur, dari Mu’adz bin Hisyam, dari ayahnya, dari Qatadah,yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.)
(Diriwayatkan oleh Ishaq bin Manshur, dari Mu’adz bin Hisyam, dari ayahnya, dari Qatadah,yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.)
• karena sebagaimana dikatakan bahwa cincin Nabi saw. dipakai
sebagai pengecap surat,maka Nabi saw. tidak memakainya karena fungsinya
pun lain. Atau mungkin saja pengertiannya bukan tidak dipakai, tapi
jarang.
“Ukiran yang tertera di cincin Rasulullah saw adalah “Muhammad” satu baris ,”Rasul” satu baris, dan “Allah” satu baris”.
(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Yahya, dari Muhammad bin `abdullah al Anshari, dari ayahnya, dari Tsumamah, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.)
(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Yahya, dari Muhammad bin `abdullah al Anshari, dari ayahnya, dari Tsumamah, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.)
“Sesungguhnya apabila Nabi saw. masuk ke jamban, maka ia melepaskan
cincinnya.”(Diriwayatkan oleh Ishaq bin Manshur, dari Sa’id bin `Amir,
dan diriwayatkan pula oleh Hajjaj bin Minhal, dari Hamman, dari Ibnu
Juraij, dari Zuhri yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.)
CARA RASULULLAH SAW BERCINCIN
“Sesungguhnya Nabi saw. memakai cincin di
jari tangan kanannya.”(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Sahl bin `Asakir
al Baghdadi, dan diriwayatkan pula oleh `Abdullah bin Abdurrahman,
keduanya menerima dari Yahya bin Hisan, dari Sulaiman bin Bilal, dari
Syarik bin `Abdullah bin Abi Namir, dari Ibrahim bin `Abdullah bin
Hunain, dari bapaknya, yang bersumber dari `Ali bin Abi Thalib k.w.)
Sumber asal dari blog sahabat yang mencintai Rasullullah...Abizakii
Tiada ulasan:
Catat Ulasan